Rabu, 30 April 2014

RPP AL-QU'RAN HADITS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : Madrasyah Tsanawiyah
Mata Pelajaran            : Al-Qur’an Hadits
Kelas /Semester           : XI /Ganjil
Pertemuan Ke             :  1 X Pertemuan
Alokasi Waktu            :1 X 20 Menit
Standar Kompetensi   :1. Memahami ayat-ayat Al-qur’an dan Hadits Tentang Nikmat Allah dan Tata Cara Mensyukurinya.
Kompetensi Dasar       : 1.1 Mengartikan Q.S. Az-Zukhruf 9-13,Q.S Al-ankabut ayat dan Hadits Tentang Syukur.
Indikator                     :
·         Membaca ayat al-quran beserta  haditsnya  mengenai nikmat allah SWT, Dalam surat  Q.S. Az-Zukhruf: 9-13 dan Al-ankabut dengan baik.
·         Mengartikan ayat al-qur’an mengenai nikmat allah SWT dalam surat Az-zukhruf 9-13 dan al-ankabut 17.
·         Menyebutkan macam-macam nikmat allah untuk manusia.

Ø  Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk
·         Membaca ayat al-quran beserta hadits mengenai nikmat allah SWT, Dalam surat  Q.S. Az-Zukhruf: 9-13 dan al-ankabut denagan baik .
·         Mengartikan ayat al-qur’an mengenai nikmat allah SWT dalam surat Az-zukhruf 9-13 dan al-ankabut 17.
·         Menyebutkan Macam-macam nikmat allah untuk manusia didalam al-quran dan hadits.
 
Ø  Materi Ajar
“Al-Qur’an tentang nikmat allah SWT, dalam surat Q.S. Az-Zukhruf: 9-13dan Al-ankabut  beserta hadits tentang syukur.

Ø  Metode pembelajaran
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Kooperatif Learning (Small grup)
·         Penugasaan
·         Dll.

Ø  Langkah-langkah pembelajaran

a.       Kegiatan Awal
·         Preparasi
Ø  Mengucapkan salam
Ø  Berdo’a sebelum pelajaran dimulai
Ø  Mengapsen siswa
Karakter  yang diharapkan.
*      Semangat
*      Disiplin
·         Apersepsi
Ø  Mengingatkan kembali tentang materi sebelumnya
Ø  Mengaikat antara materi yang lalu dengan materi yang akan diajarkan
Karakter yang diharapkan.
*      Rajin
*      Rasa ingin tahu
·         Motivasi
Ø  Memberikan motivasi tentang pentingnya mempelajarari macam-macam nikmat allah SWT.
Karakter yang diharapkan
*      Religius
*      Peduli

b.      Kegiatan Inti
a.       Guru mengawali pembelajaran dengan menjelaskan materi. (Eksplorasi)
b.      Siswa dibagi kelompok (sesuai dengan pokok permasalahan yang akan dibahas).(Eksplorasi)
c.        Guru membagikan bahan permasalahan kepada masing-masing kelompok.(Ekplorasi)

Karakter yang diharapkan.
*      Tertib
*      Teliti
*      Jujur

d.      Setiap kelompok mencari jawaban sesuai dengan permasalahan yang ada {pengertian dan contoh macam-macam nikmat), dengan cara masing-masing anggota kelompok memberikan pendapat.( Elaborasi)
e.       Setiap kelompok membuat rumusan hasil jawaban dari pertanyaan yang ada.( Elaborasi)
f.       Guru memandu proses diskusi masing- masing kelompok.(Elaborasi)
g.      Setiap kelompok  menyampaikan hasil jawabannya ( pengertian dan contoh satu  macam nikmat saja) . Kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan atau menyempurnakan jawaban berdasarkan hasil rumusan kelompok atau pendapat lain.( Elaborasi)
h.       Dilanjutkan tampilan kelompok lain dengan nikmat yang ke dua dengan cara yang sama. Dan seterusnya samapai macam nikmat yang terakhir.(Elaborasi)
karakter yang diharapkan.
*      Rasa ingin tahu
*      Religius
*      Kerja keras
*      Percaya diri

i.        Guru dan siswa mendiskusikan permasalahan untuk mencapai kesepakatan bersama. (konfirmasi)
j.        Tanya jawab dengan guru apabila ada masalah yang belum dimengerti. (konfirmasi)
Karakter yang diharapkan.
*      Disiplin
*      Menghargai pendapat orang lain

c.       Kegiatan Akhir
Ø  Guru Memberikan kesimpulan dan penegasan tentang materi yang diajarkan.
Ø  Guru memberikan tugas tentang materi ajar.
Ø  Guru menutup pelajaran tersebut dengan mengucap lafad Al-Hamdalah.
Ø  Guru mengucap salam sebelum meninggalkan kelas.
Karakter yang diharapkan.
*      Teliti
*      Sopan

Ø  Alat/bahan/sumber
Ø  Alat: LCD Proyektor
Ø  Bahan: Buku Paket dan Lks Qur’an Hadits Kelas XI
Ø  Sumber: internet,  Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya

Ø  Penilaian
Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Mengidentifikasi  macam-macam nikmat Allah SWT.
Tes tertulis
Essay
terlampir

Instrumen
1.      Tuliskan arti dari ayat al-qur’an Q.S. Az-Zukhruf: 9-13. mengenai nikmat Allah denagan benar  . ?
2.      Tuliskan arti dari surat al-ankabut beserta cara mensykuri nikmat allah.?
3.      Sebutkan apa saja cara mensyukuri nikmat Allah SWT  yang diberikan kepada manusia ?
4.      Sebutkan dan jelaskan 5 nikmat yang wajib disyukuri oleh manusia  ?

Skor Penilaian :
                        Skor perolehan  x 100% =
      Skor Maksimal

Kunci Jawaban
no
Kunci jawaban
Skor nilai
1.
9     9.Dan sungguh jika kamu tanyakan kepada mereka:’’siapakah yang menciptakan
10.langit dan bumi?’’,niscaya mereka kan menjawab :’’semuanya di ciptakan oleh yang maha perkasa lagi maha mengetahui’’.
11   11.yang menjadikn bumi untuk kami sebagai tempat menetap dan dia membuat jalan-jalan diatas bumi untuk kamu supaya kamu mendapat petunjuk
12   12.Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang di perlukan)lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati,seperti itulah kamu akan di keluarkan (dari dalam kubur).
13   13. Dan yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi.


25
2.
sesungguhnya apa yang kamu sembah selain allah itu adalah berhala,dan kamu membuat dusta.sesungguhnya yang kamu sembah selain allah itu tidak dapat memberikan rezeki kepada mu ,maka mintalah rezeki itu di sisi allah,dan sembah lah dia dan bersyukurlah kepada-Nya .hanya kepada-Nyalah kamu akan dikembalikan.

25
3.
ü  Mensyukuri dengan lisan, dengan memperbanyak ucapan alhamdulillah (segala puji milik Allah) wasysyukru lillah (dan segala bentuk syukur juga milik Allah).
ü  Mensyukuri dengan perbuatan.
ü  Mempergunakan segala bentuk kenikmatan Allah untuk menunaikan perintah-perintah Allah, baik perintah wajib, sunnah maupun mubah.
ü  Mempergunakan segala bentuk kenikmatan Allah dengan cara menghindari, menjauhi dan meninggalkan segala bentuk larangan Allah, baik larangan yang haram maupun yang makruh.

25
4.
Nikmat Fitriyah.
Nikmat Fitriyah adalah nikmat yang ada pada diri kita atau personal kita.
Nikmat Ikhtiyariyah.
Nikmat ini berupa nikmat yang kita peroleh atas usaha kita.
Nikmat Alamah.
Nikmat alam sekitar kita. Kita tidak bisa hidup jika Allah tidak memberikan nikmat alamiah.
Nikmat Diiniyah.
Nikmat Diiniyah adalah nikmat Agama Islam
Nikmat Ukhrowiyah.
Nikmat Ukhrowi adalah nikmat akhirat

25

Jumlah
100




Mengetahui,                                                                           Kotabumi,
Kepala Madrasah                                                                    Guru mata pelajaran                                       
Dra. Elizar, M.pd                                                                    Siska Lestari, S.pd.I
(.........................)                                                                     (...............................)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar