RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Madrasyah Tsanawiyah
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an Hadits
Kelas /Semester :
XI /Ganjil
Pertemuan Ke : 1 X Pertemuan
Alokasi Waktu :1
X 20 Menit
Standar
Kompetensi :1. Memahami
ayat-ayat Al-qur’an dan Hadits Tentang Nikmat Allah dan Tata Cara Mensyukurinya.
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mengartikan
Q.S. Az-Zukhruf 9-13,Q.S Al-ankabut ayat dan Hadits Tentang Syukur.
Indikator :
·
Membaca ayat al-quran beserta haditsnya
mengenai nikmat allah SWT, Dalam surat Q.S. Az-Zukhruf: 9-13 dan Al-ankabut dengan
baik.
·
Mengartikan ayat al-qur’an mengenai nikmat allah SWT
dalam surat Az-zukhruf 9-13 dan al-ankabut 17.
·
Menyebutkan macam-macam nikmat allah
untuk manusia.
Ø Tujuan
Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk
·
Membaca ayat al-quran beserta hadits mengenai
nikmat allah SWT, Dalam surat Q.S.
Az-Zukhruf: 9-13 dan al-ankabut denagan baik .
·
Mengartikan ayat al-qur’an mengenai nikmat allah SWT
dalam surat Az-zukhruf 9-13 dan al-ankabut 17.
·
Menyebutkan Macam-macam nikmat allah untuk
manusia didalam al-quran dan hadits.
Ø Materi
Ajar
“Al-Qur’an
tentang nikmat allah SWT, dalam surat Q.S. Az-Zukhruf: 9-13dan Al-ankabut beserta hadits tentang syukur.
Ø Metode
pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Kooperatif Learning (Small grup)
·
Penugasaan
·
Dll.
Ø Langkah-langkah
pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
·
Preparasi
Ø Mengucapkan
salam
Ø Berdo’a
sebelum pelajaran dimulai
Ø Mengapsen
siswa
Karakter yang diharapkan.


·
Apersepsi
Ø Mengingatkan
kembali tentang materi sebelumnya
Ø Mengaikat
antara materi yang lalu dengan materi yang akan diajarkan
Karakter yang diharapkan.


·
Motivasi
Ø Memberikan
motivasi tentang pentingnya mempelajarari macam-macam nikmat allah SWT.
Karakter yang
diharapkan


b. Kegiatan
Inti
a. Guru
mengawali pembelajaran dengan menjelaskan materi. (Eksplorasi)
b. Siswa dibagi
kelompok (sesuai dengan pokok permasalahan yang akan dibahas).(Eksplorasi)
c. Guru membagikan bahan permasalahan kepada
masing-masing kelompok.(Ekplorasi)
Karakter yang
diharapkan.



d. Setiap
kelompok mencari jawaban sesuai dengan permasalahan yang ada {pengertian dan
contoh macam-macam nikmat), dengan cara masing-masing anggota kelompok
memberikan pendapat.( Elaborasi)
e. Setiap
kelompok membuat rumusan hasil jawaban dari pertanyaan yang ada.( Elaborasi)
f. Guru memandu
proses diskusi masing- masing kelompok.(Elaborasi)
g. Setiap
kelompok menyampaikan hasil jawabannya ( pengertian dan contoh satu
macam nikmat saja) . Kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan atau
menyempurnakan jawaban berdasarkan hasil rumusan kelompok atau pendapat lain.(
Elaborasi)
h. Dilanjutkan tampilan kelompok lain dengan
nikmat yang ke dua dengan cara yang sama. Dan seterusnya samapai macam nikmat
yang terakhir.(Elaborasi)
karakter yang
diharapkan.




i.
Guru dan siswa mendiskusikan permasalahan untuk
mencapai kesepakatan bersama. (konfirmasi)
j.
Tanya jawab dengan guru apabila ada masalah yang belum
dimengerti. (konfirmasi)
Karakter yang
diharapkan.


c. Kegiatan
Akhir
Ø Guru
Memberikan kesimpulan dan penegasan tentang materi yang diajarkan.
Ø Guru
memberikan tugas tentang materi ajar.
Ø Guru menutup
pelajaran tersebut dengan mengucap lafad Al-Hamdalah.
Ø Guru
mengucap salam sebelum meninggalkan kelas.
Karakter
yang diharapkan.


Ø Alat/bahan/sumber
Ø Alat:
LCD Proyektor
Ø Bahan:
Buku Paket dan Lks Qur’an Hadits Kelas XI
Ø Sumber:
internet, Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
Ø Penilaian
Indikator
Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah SWT.
|
Tes tertulis
|
Essay
|
terlampir
|
Instrumen
1.
Tuliskan arti dari ayat al-qur’an Q.S.
Az-Zukhruf: 9-13. mengenai nikmat Allah denagan benar . ?
2.
Tuliskan arti dari surat al-ankabut beserta cara
mensykuri nikmat allah.?
3.
Sebutkan apa saja cara mensyukuri nikmat Allah SWT yang diberikan kepada manusia ?
4.
Sebutkan dan jelaskan 5 nikmat yang wajib disyukuri
oleh manusia ?
Skor Penilaian :
Skor
perolehan x 100% =
Skor
Maksimal
Kunci Jawaban
no
|
Kunci
jawaban
|
Skor nilai
|
1.
|
9 9.Dan sungguh
jika kamu tanyakan kepada mereka:’’siapakah yang menciptakan
10.langit dan bumi?’’,niscaya mereka
kan menjawab :’’semuanya di ciptakan oleh yang maha perkasa lagi maha
mengetahui’’.
11 11.yang menjadikn
bumi untuk kami sebagai tempat menetap dan dia membuat jalan-jalan diatas
bumi untuk kamu supaya kamu mendapat petunjuk
12 12.Dan yang
menurunkan air dari langit menurut kadar (yang di perlukan)lalu kami hidupkan
dengan air itu negeri yang mati,seperti itulah kamu akan di keluarkan (dari
dalam kubur).
13 13. Dan yang
menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan
binatang ternak yang kamu tunggangi.
|
25
|
2.
|
sesungguhnya
apa yang kamu sembah selain allah itu adalah berhala,dan kamu membuat
dusta.sesungguhnya yang kamu sembah selain allah itu tidak dapat memberikan
rezeki kepada mu ,maka mintalah rezeki itu di sisi allah,dan sembah lah dia
dan bersyukurlah kepada-Nya .hanya kepada-Nyalah kamu akan dikembalikan.
|
25
|
3.
|
ü Mensyukuri dengan lisan, dengan memperbanyak ucapan alhamdulillah (segala puji milik Allah) wasysyukru lillah (dan segala bentuk syukur juga milik
Allah).
ü Mensyukuri dengan perbuatan.
ü Mempergunakan segala bentuk kenikmatan Allah untuk
menunaikan perintah-perintah Allah, baik perintah wajib, sunnah maupun mubah.
ü Mempergunakan segala bentuk kenikmatan Allah dengan
cara menghindari, menjauhi dan meninggalkan segala bentuk larangan Allah, baik
larangan yang haram maupun yang makruh.
|
25
|
4.
|
Nikmat Fitriyah.
Nikmat
Fitriyah adalah nikmat yang ada pada diri kita atau personal
kita.
Nikmat Ikhtiyariyah.
Nikmat
ini berupa nikmat yang kita peroleh atas usaha kita.
Nikmat Alamah.
Nikmat
alam sekitar kita. Kita tidak bisa hidup jika Allah tidak memberikan nikmat
alamiah.
Nikmat Diiniyah.
Nikmat
Diiniyah adalah nikmat Agama Islam
Nikmat Ukhrowiyah.
Nikmat
Ukhrowi adalah nikmat akhirat
|
25
|
Jumlah
|
100
|
Mengetahui, Kotabumi,
Kepala Madrasah Guru
mata pelajaran
Dra. Elizar,
M.pd Siska
Lestari, S.pd.I
(.........................) (...............................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar